Bimbingan Teknis Kepaniteraan Terkait Percepatan Penyelesaian Perkara pada Peradilan Umum Wilayah Hukum PT Padang

Berita Galeri Foto SLIDE DEPAN

Kamis, 30 Juni 2022.

Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Bapak Dr. H. Amril, S.H., M.Hum.  secara resmi menutup rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepaniteraan Terkait Percepatan Penyelesaian Perkara Pada Peradilan Umum Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang, Kamis (30/6) malam di Grand Ballroom 1 Hotel Grand Zuri Padang.

Kegiatan yang telah berlangsung dari 28 Juni 2022 ini berupa Bimbingan Teknis bagi yang diikuti oleh 85 Peserta yang terdiri dari Hakim, Panitera, Panitera Muda, Jurusita dan Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri di wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang serta peserta undangan dari Kejaksaan Tinggi dan Kepolisian.

Adapun materi yang telah disampaikan kepada para peserta diantaranya Kode Etik Hakim dan Panitera Pengganti, Restorative Justice dengan narasumber Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang,Ibu Dr. Diah Sulastri Dewi, S.H., M.H. dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang, Bapak H. Yulman, S.H., M.H. Lalu  terkait  E-Court dan Pengenalan SPPT TI versi 4.0.0 yang disampaikan langsung oleh Bapak Dodon Angin Wiyono, S.Kom. dan Achmad Basyari, S.E. dari Direktorat Pembinaan Administrasi dan Peradilan Umum, Direktorat Jenderal Badilum MA RI.

Permasalah Hukum Adat Minangkabau juga turut menjadi Bimtek kali ini yang disampaikan langsung oleh Mantan Ketua Kamar Perdata MA RI , Bapak H. Djafni Djamal, S.H.,M.H. dan Komunikasi Interpersonal Hakim, Panitera dan Jurusita oleh Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang juga anggota Pokja Restorative Justice, Ibu Wiwiek Awiaty, S.H., M.H.

Kegiatan Bimtek dibuat dengan melibatkan partisipasi aktif peserta, dengan adanya pre test, Role Play Grup dan apresiasi bagi peserta dengan kategori paling aktif dan meraih nilai tertinggi atas post test yang diberikan.

Diakhir Penutupannya, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, mengharapkan kepada para peserta untuk memanfaatkan ilmu yang sudah didapatkan selanjutnya dapat menghasilkan action plan dari tiap satuan kerja yang bermanfaat bagi pelayanan tiap satuan kerja para peserta Bimtek.

 5,937 total pengunjung