KETUA PENGADILAN TINGGI PADANG MENGHADIRI RAPAT DENGAR PENDAPAT BERSAMA PIMPINAN KPK.

Berita

Senin, 20 Juni 2022

Bertempat di Hotel Mercure Padang, dilaksanakan rapat Dengar Pendapat Pimpinan KPK dengan Pimpinan Aparat Penegak Hukum (APH) dan APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) Se Sumatera Barat. Dihadiri oleh Kapolda, Kajati, Kepala Perwakilan BPKP dan Inspektorat Sumatera Barat, rapat dengar pendapat ini dilaksanakan untuk selanjutnya diteruskan dengan Pelatihan kepada para Aparat Penegak Hukum dan Aparat Pengawas Intern Pemerintah.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Padang menyampaikan bahwa mendukung kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menyamakan persepsi guna penerapan tindak pidana korupsi dengan tetap menjaga kemandirian masing-masing aparat penegak hukum.

Seperti pada era jaman Menteri Kehakiman RI Bpk Ismail Saleh,SH., pada waktu itu membentuk KADARKUM yaitu Keluarga Sadar Hukum dan kemudian dilakukan penyukuhan-penyuluhan hukum di desa. Terkenal dengan Pendapatnya atau adagiumnya yaitu :

  1. Adanya Seperangkat Peraturan Perundang-Undangan Yang Lengkap Dan Sempurna;
  2. Adanya Aph Yang Berkualitas Dan Berintegritas;
  3. Semua Tidak Akan Jalan Jika Tidak Didukung Oleh Kesadaran Hukum Masyarakat.

Diharapkan Kepada Lembaga KPK RI Untuk Meningkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat Melalui Penyuluhan Hukum Khususnya Tentang Tipikor. Karena Bersadarkan Fakta Dari Berita Acara Persidangan Para Terdakwa Dari Kepala Nagari Ataupun Kepala Desa Tidak Memahami Risiko Atas Perbuatannya Dengan Melanggar Ketentuan UU Tipikor.

 1,214 total pengunjung