" MELALUI REFORMASI BIROKRASI KAMI AKAN MENUNJUKKAN KINERJA YANG BAIK DALAM MELAYANI MASYARAKAT DAN MEWUJUDKAN PERADILAN YANG AGUNG "

Perdata > Uraian Tugas

Kepaniteraan Perdata

No

SUBYEK

URAIAN TUGAS

KETERANGAN

1

Panmud / Meja-I

  1. Menerima berkas perkara banding dari Pengadilan Negeri dan mencatat dalam buku bantu.
  2. Mencatat proses perkara dalam buku bantu.
  3. Meneliti surat-surat masuk dan menindaklanjuti.
  4. Meneliti dan memaraf  surat-surat keluar.
  5. Meneliti perencanaan kegiatan belanja biaya proses stiap tahun.(RKBP)
  6. Menandatangai Surat Permintaan Pembayaran biaya proses. (SPP)
  7. Membina dan memberi petunjuk teknis/ administrasi atas pelaksanaan tugas-tugas kepaniteraan perdata.
  8. Mengevaluasi semua pelaksanaan tugas-tugas pegawai dan memberikan penilaian kepada pegawai atas pelaksanaan pekerjaan.
  9. Bertanggung jawab penyediaan data informasi publik dan iventaris kepaniteraan perdata.
  10. Mengkordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan tugas-tugas  pada Kepaniteraan Perdata.

 

 

2.

Staf-1/ Meja-II

  1. Meneliti kelengkapan berkas perkara banding dan biaya proses perkara.
  2. Mencatat kekurangan kelengkapan berkas perkara banding, dan memintakan kepada Pengadilan pengaju melalui  Panitera.
  3. Menerima, meneliti dan menindaklanjuti  momori/kontra memori banding yang dikirim langsung ke Pengadilan Tinggi.
  4. Menerima, meneliti dan menindaklanjuti relaas-relaas pemberitahuan memori / kontra memori banding dari Pengadilan Negeri.
  5. Menyiapkan dan meneliti surat-surat keluar, penetapan-penetapan yang berkaitan dengan kepaniteraan perdata.
  6. Meneliti berkas perkara dan putusan yang dikirim kembali ke Pengadilan Negeri.
  7. Meneliti berkas perkara bendel B dan mencatat tanggal minutasi pada sampul berkas perkara sebelum diarsipkan.
  8. Meneliti dan mengevaluasi data laporan untuk diserahkan ke bgian hukum.

 

 

3

Staf-2/ Bendahara

  1. Menyiapkan buku-buku register keuangan biaya roses perkara banding, memberi nomor halaman dan keterangan serta meminta paraf dan tanda-tangan Ketua Pengadilan sebelum buku register digunakan, meliputi BKU, Buku Bank, Jurnal, PNBP dan pajak.
  2. Meneliti dan memberi nomor urut perkara pada bukti setoran biaya roses perkara banding, sesuai urutan dalam buku Jurnal/Bantu.
  3. Melengkapi berkas perkara banding dengan sampul/map perkara Pengadilan Tinggi dan menulis nomor perkaranya pada map perkara.
  4. Mengeluarkan biaya meterai Rp.6000,- dan redaksi Rp.5000,- untuk setiap perkara yang diputus.
  5. Membukukan semua penerimaan dan pengluaran biaya proses, meliputi biaya ATK, Fotocopy berkas / putusan, pos, penjilidan/pengarsipan, konsusmsi sidang, insentif pengelola,  monitoring / evaluasi penyelesaian perkara.
  6. Menyusun dan mengarsipkan surat-surat bukti pertanggungjawaban biaya proses perkara banding.
  7. Membukukan PNBP / Hak-hak Kepaniteraan dan menyetor kepada bendahara penerima.
  8. Menutup register keuangan biaya proses setiap akhir bulan dan akhir tahun.
  9. Menyusun data laporan keuangan biaya proses perkara.

 

 

4

Staf-3/ Meja-III

  1. Menyiapkan buku-buku register perkara, memberi nomor halaman dan keterangan serta meminta paraf dan tanda-tangan Ketua Pengadilan sebelum buku register digunakan.
  2. Mendaftar berkas perkara banding dalam buku register induk perkara, setelah biaya proses perkara banding di dibukukan.
  3. Melengkapi berkas perkara dengan blanko Penetapan Majelis dan Penunjukan Pnitera Pengganti serta cheklist.
  4. Mencatat tanggal penetapan majelis hakim dan nama-nama Majelis Hakim serta Panitera Pengganti dalam register induk perkara secara teliti dan cermat.
  5. Menyerahkan berkas perkara setelah ditetapkan Majelis dan PP nya kepada Ketua Majelis Hakim.
  6. Mencatat tanggal musyawaran, tanggal putusan dan amar putusan banding.
  7. Mencatat tanggal dan amar putusan Banding, Kasasi, dan Peninjauan Kembali dalam register induk.
  8. Mencatat tanggal minutasi perkara dalam register induk.
  9. Menutup buku register dan membuat rekapitulasi setiap bulan dan setiap akhir tahun.
  10. Menyusun dan melaporkan data keadaan perkara.

 

 

5

Staf-4 Pelaksana Biaya Proses

  1. Merencanakan dan mencari rekanan untuk belanja keperluan proses perkara.
  2. Membuat jadwal Pelaksanaan Kegiatan Biaya Proses  (JPKBP).
  3. Membuat perencanaan kegiatan belanja biaya proses stiap tahun.(RKBP)
  4. Membuat surat Permintaan Pembayaran biaya proses. (SPP)
  5. Menerima dan meneliti atk perkara dari rekanan/pihak ketiga serta mencocokan dengan pesanan dan dibuat Berita Acara.
  6. Membukukan penerimaan dan pengeluaran barang persediaan.
  7. Mendistribusikan barang persediaan dengan membuat tanda terima.
  8. Melakukan opnam barang persediaan setiap bulan.
  9. Mencatat permintaan kebutuhan barang persediaan dari Hakim, Panitera-Pengganti maupun pegawai.
  10. Menyusun dan melaporkan barang persediaan setiap bulan dan semester.
  11. Mengurus Percetakan, Fotocopy, Penggandaan dan Penjilidan berkas perkara, sesuai rencana dari PPK..

 

 

6

Staf-5

  1. Mengetik surat pemberitahuan registrasi.
  2. Mengetik surat pengantar putusan/berkas perkara.
  3. Mengetik surat-surat dinas keluar lainnya.
  4. Mengirim surat-surat, momori, kontra memori banding yang dikirim langsung ke Pengadilan Tinggi, ke Pengadilan Negeri untuk diteritahukan kepada lawan.
  5. Meregister dan mengarsipkan semua surat masuk dan surat keluar.
  6. Memasukkan surat-surat yang berkaitan dengan perkara / putusan-putusan Kasasi, PK kedalam berkas perkara bundel B dan mengirim ke bagian Hukum.
  7. Menyiapkan salinan putusan untuk dikirim ke Pengadilan Negeri.
  8. Membukus dan mengirim berkas perkara dan putusan ke Pengadilan Negeri.
  9. Menyusun dan membuat daftar isi berkas bundel B dan arsip perkara untuk diserahkan kepada Kepaniteraan Hukum.

 

 

7

Staf-6

  1. Memasukkan data-data perkara kedalam komputer.
  2. Menyiapkan data perkara dan keuangan perkara untuk informasi publik.
  3. Meminta persetujuan data informasi publik kepada Panitera dan Humas.
  4. Membuat kodifikasin dokumentasi informasi publik kepaniteraan perdata.
  5. Menyusun seluruh data laporan perkara dan keuangan periode bulanan, smesteran dan tahunan untuk diserahkan kebagian Hukum..
  6. Mengisi papan situasi perkara.
  7. Mendistribusikan surat-surat, berkas perkara dan perlengkapan proses perkara ke bagian lain.
  8. Mantenance iventaris ruangan.

 

 



Agenda

Agenda hari ini :
Tidak ada agenda hari ini..