Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.A.R.I menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Klas II pada tanggal 25 s.d. 27 Oktober 2018, bertempat di Badan Diklat Kumdil Mega Mendung Bogor yang diikuti oleh 40 (empat puluh) orang peserta. Kegiatan Pembinaan dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.H., M.H. dilanjutkan dengan pembinaan mengenai Kepemimpinan Organisasi khususnya di Pengadilan Negeri.

Menurut Dirjen Badilum sebagai leadership harus bisa menggerakkan organisasi dan bisa menerapkan regulasi program-program  dari lembaga, seorang pemimpin harus menguasai semua yang ada di pengadilan baik mengenai kepaniteraan dan kesekretariatan, selain itu Ketua dan Wakil Ketua harus sebagai Top Role Model yaitu contoh yang terbaik daripada yang dipimpin. Seorang pemimpin harus bisa memotivasi dirinya sendiri, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan teknis yudisial dalam membantu jalannya kelancaran persidangan para hakim dan juga harus memiliki bekal kemampuan teknis administrasi dalam memimpin dan mengelola organisasi yang lebih baik, pemimpin harus bisa melaksanakan pelayanan hukum yang benar dan cepat.

Peserta kegiatan juga mendapatkan materi mengenai Manajemen Kepemimpinan, Kebijakan Umum Akreditasi, Proses Audit Administrasi Perkara dan Pelaksanaan DIPA 01 dan DIPA 03 dari para pemateri yang berkompeten dibidangnya.

 

Original text