KELUARGA BESAR PENGADILAN TINGGI SUMATERA BARAT MENGUCAPKAN "MINAL AIDIN WALFAIZIN" SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 HIJRIAH

Berita Detil

 
KPT Sumbar Ambil Sumpah Advokat APSI

Selasa, 27 Februari 2018 - 11:37 WIB

A ++  A --  PDF

KPT Sumbar Ambil Sumpah Advokat APSI

Padang | Senin, 26 Februari 2018

Sebanyak 11 Advokat/Pengacara yang tergabung dalam wadah Asosiasi Pengacara Syari'ah Indonesia (APSI)  resmi diambil sumpah dan janji advokat  oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat H.Husni Rizal, SH, yang dilaksanakan di Ruangan Sidang Lantai II Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, Senin (26/2).

Pada acara tersebut dihadiri oleh Pengurus APSI Pusat, Para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi, Pengurus APSI Sumatera Barat dan beberapa tamu undangan lainnya.

Sidang terbuka ini bertindak Saksi yaitu Sigit Priyono, SH.MH dan Osmar Simanjuntak, SH.MH yang keduanya merupakan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Sumbar, dimana dilakukan sesuai pasal 4 ayat 1 Undang-undang No.18 Tahun 2003 tentang advokat sebelum menjalankan profesinya wajib melakukan sumpah menurut agamanya dan berjanji dengan sungguh-sungguh disidang terbuka Pengadilan Tinggi diwilayah domisili hukumnya.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar, H.Husni Rizal, SH memberi penjelasan tentang Undang-undang No.18 tahun 2003 tentang mengenai kedudukan advokat sebagai bagian dari sistem peradilan terpadu dimana sistem peradilan terpadu antara penegak hukum (polisi, jaksa, advokat dan hakim) bersinergi tanpa mempengaruhi independensi masing-masing.

"Janji ataupun sumpah yang telah dilafalkan harus ditepati dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT, dan diri masing-masing harus selalu menjunjung tinggi profesinya. Jangan melakukan perbuatan yang dapat mencoreng nama pribadi, serta lembaganya. Jika misalnya ada jaksa, hakim, ataupun penegak hukum lain salah, advokat sebagai penegak hukum memiliki tugas mengawasi itu. Bukan ikut terlibat dalam mufakat buruk tersebut, jika terjadi akan ada tindakan tegas," jelasnya.(MUS/IT PT)

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code:  

Agenda

Agenda hari ini :
Tidak ada agenda hari ini..