" MELALUI REFORMASI BIROKRASI KAMI AKAN MENUNJUKKAN KINERJA YANG BAIK DALAM MELAYANI MASYARAKAT DAN MEWUJUDKAN PERADILAN YANG AGUNG "

Berita Detil

 
TIM TAPM BADILUM MARI AUDIT PT SUMBAR

Senin, 05 Juni 2017 - 14:47 WIB

A ++  A --  PDF

akreditasiptsumbar

Padang l Senin, 29 Mei 2017

Selama empat hari kerja (Senin,29/05 – Kamis 01/06), Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (Ditjen Badilum), Pengadilan Tinggi Sumatera Barat diaudit oleh yang dipimpin oleh Direktur Tenaga Teknis Peradilan Umum Dr. Haswandi, SH, SE, M.Hum selaku Ketua Tim, dengan 3 (tiga) orang Anggota Tim yaitu Herti Setiawati, SH.MH, Indra Kurniawan, SE.MM dan Misra Dewita, SH.MH.

Selain Pengadilan Tinggi Sumatera Barat secara bersamaan Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (Ditjen Badilum) juga melakukan audit di empat Pengadilan Negeri wilayah Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, yaitunya  Pengadilan Negeri Padang, Pengadilan Negeri Pariaman, Pengadilan Negeri Padang Panjang dan Pengadilan Negeri Solok.

Dalam Opening Meeting yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 29 Mei 2017, Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat H. Husni Rizal, SH  menyampaikan bahwa Pengadilan Tinggi Sumatera Barat telah siap dilakukan audit dengan harapan bahwa dengan diadakannya audit ini Pengadilan Tinggi Sumatera Barat dapat meningkatkan kinerja, pelayanan terhadap publik semakin terbuka dan menambah wawasan, masukan dan arahan dari Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum (Ditjen Badilum), selain itu beliau juga mengatakan, bahwa Pengadilan Tinggi Sumatera Barat telah menetapkan mottonya sebagaimana sudah tertuang dalam Manual Mutu, yakni : "JURDIL", yaitu : Jujur dan Adil.

Setelah melaksanakan Opening Meeting, Tim Audit meninjau seluruh fasilitas yang ada di Pengadilan Tinggi Sumatera Barat termasuk fasilitas yang menjadi icon Pengadilan Tinggi Sumbar yaitu, Ruang Tamu Terbuka, Ruang Terbuka Hijau (RTH), Management Representative (MR), Document Control (DC) dan Survey Kepuasan Pelanggan.

Audit dilakukan terhadap seluruh aspek layanan peradilan, baik layanan utama (Kepaniteraan) maupun layanan pendukung (Kesekretariatan). Dan dalam audit tersebut Auditor memberikan apresiasi terhadap Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, yang menurut Auditor TAPM Ditjen Badilum sudah menunjukkan performa kinerja yang bagus, SDM yang sangat solid dan Kompak.

Dalam Closing Meeting yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 1 Juni 2017, dihadiri seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, bahwa Pengadilan Tinggi Sumatera Barat telah menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan kinerja Pengadilan Tinggi Sumatera Barat yang prima (Court Excellent), meskipun ada beberapa observasi dan temuan minor yang harus segera ditindaklanjuti yang diberi tenggang waktu sebelum tanggal 30 Juni 2017.

“Hasil audit ini akan akan dibawa terlebih dahulu ke Rapat Keputusan Komite Akreditasi (KEKA) yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Bapak H. Herri Swantoro, SH, MH untuk menentukan nilai apa yang dapat diraih oleh Pengadilan Tinggi Sumatera Barat”, demikian kata Dr. Haswandi, SH, SE, M.Hum, selaku ketua Tim dalam sesi Closing Meeting.

Dalam sesi Closing Meeting tersebut, Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat H. Husni Rizal, SH  menanyakan langsung kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Tinggi Sumatera Barat, apakah siap menindaklanjuti temuan dan observasi yang sudah disampaikan oleh TAPM, yang dijawab serentak dengan kata: “Siaaaap”. Closing Meeting ditutup dengan meneriakkan yel-yel ICPE, yakni:

TAPM = Maju

Badilum = Sukses

Mahkamah Agung = Bermutu

Pengadilan Tinggi Sumatera Barat = Rancak bana... Rancak bana.......... YES..!!

 

(MUS/TIM IT PT)

Komentar Berita


Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini.

Nama : (*dibutuhkan)

Alamat : (*dibutuhkan)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*dibutuhkan)

Komentar : (*dibutuhkan)

Security Code:  

Agenda

Agenda hari ini :
Tidak ada agenda hari ini..