Padang | Selasa 2 Juli 2019

Bertempat di Ruangan Sidang Utama Lantai II Kantor Pengadilan Tinggi Padang, Pengadilan Tinggi Padang selenggarakan acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Hapsoro Restu Widodo menjadi Ketua Pengadilan Negeri Bukittingi.

Acara diawali dengan pembacaan surat keputusan Ketua Mahkamah Agung RI yang dibacakan oleh Panitera pengadilan Tinggi Padang Yunda Hasbi, SH.MH, dilanjutkan Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang H.Husni Rizal, SH, bertindak sebagai saksi adalah H. Taswir, SH.MH dan Yulman, SH.MH yang keduanya merupakan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang.

Acara tersebut dihadiri oleh, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang Drs. H. Panusunan Harahap, SH.MH,  Para Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Negeri Se-Sumatera Barat, Panitera/Sekretaris Pengadilan Negeri Se-Sumatera Barat, beberapa unsur Muspida Kota Bukittinggi, Pejabat struktural Pengadilan Tinggi Padang beserta Karyawan-karyawati Pengadilan Tinggi Padang.

Dalam Sambutannya ketua Pengadilan Tinggi padang H. Husni Rizal, SH  berpesan dalam menjalankan tugas agar secepatnya berkoordinasi dan menyesuaiakan dengan Jajaran di bawahnya dalam menjalankan Program yang telah disusun sebelumnya dan menjaga marwah dan martabat lembaga Mahkamah Agung RI serta menjaga profesionalitas Kerja.

Beliau juga menyampaikan bahwa sejalan dengan perkembangan yang ada dalam dunia peradilan maka gaya kepemimpinan dalam dunia peradilanpun mengalamami perubahan-perubahan dalam periode-periode tertentu, mulai dari tipe kharismatik, tipe feodalistik, tipe paternalistik sampai pada tipe sinergitas yang diamanahkan kepada Ketua Pengadilan Negeri yang baru dengan harapan Ketua Pengadilan Negeri yang baru dapat mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya dan berpesan agar melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh, sekaligus terutama untuk menjaga Independensi Hakim yang bersangkutan.

“Independensi Hakim tidaklah lain adalah untuk kepentingan para pencari keadilan karena para pencari keadilan membutuhkan suatu keadilan dari Hakim yang memutus perkaranya benar-benar bebas dari segala campur tangan ataupun intimidasi dari pihak-pihak yang berkepentingan” ujarnya.

Acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan pelantikan Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi berlangsung sederhana dan khidmat, diakhiri dengan acara perkenalan dan ramah tamah yang diadakan di ruangan Aula lantai I Pengadilan Tinggi Padang.(MUS/IT PT)

Original text