Padang | Rabu 26 Juni 2019

Bertempat di Ballroom Premier Basko Hotel Padang, Sebanyak 65 (enam puluh lima) calon advokat yang tergabung dalam wadah anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) resmi diambil sumpah advokat oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang H. Husni Rizal, SH, bertindak sebagai saksi adalah Leliwaty, SH.MH dan Inang Kasmawati, SH yang keduanya merupakan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang, Pengurus Peradi Padang dan beberapa tamu undangan lainnya.

Hadir pula dalam acara pengambilan sumpah tersebut Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) beserta para Dewan Pimpinan Cabang lainnya.

Selesai acara pengambilan sumpah, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Tinggi Padang H. Husni Rizal, SH.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Padang menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh seluruh advokat yang disumpah pada hari itu. Beliau menyampaikan bahwa janji atau pun sumpah yang diucapkan oleh masing-masing advokat hendaklah menjadi dasar menjalankan profesi advokat tersebut. Sebagai partner hakim dan polisi dalam penegakan hukum, advokat dituntut untuk professional dalam menjalankan fungsi advokasi dengan mengutamakan penegakan keadilan dan kebenaran. Dan sesama profesi advokat jangan saling mendahului rekan se-profesi sebagaimana kode etik yang ada. Harus saling asah asih asuh dan saling mengingatkan apabila ada suatu ketidakpatuhan dan kelalaian. Seorang pengacara haruslah memiliki integritas dan kredibilitas”.

“Jangan melakukan perbuatan yang dapat mencoreng nama pribadi, serta lembaganya. Jika misalnya ada jaksa, hakim, ataupun penegak hukum lain salah, advokat sebagai penegak hukum memiliki tugas mengawasi itu. Bukan ikut terlibat dalam mufakat buruk tersebut, jika terjadi akan ada tindakan tegas," jelasnya.

Acara berlangsung khidmat diakhiri dengan pembacaan do’a dan salam-salaman seluruh peserta dan para undangan yang hadir..(MUS/IT PT).

Original text