Padang | Selasa, 25 Juni 2019

Pasca lebaran dalam menyambut hari raya  Idul Fitri 1440 H/2019 M, Pengadilan Tinggi Padang mengadakan Halal Bi Halal yang bertempat di ruangan Sidang Utama kantor Pengadilan Tinggi Padang. Acara di awali dengan pembacaan Ayat suci Al-quran oleh Yunihar, S.Sos.i dan dilanjutkan dengan acara utama yaitu tausiah agama  oleh Ustad Abu Bakar Syarif.

Dalam ceramahnya Ustad Abu Bakar Syarif menyatakan Setelah satu bulan penuh kita menunaikan ibadah puasa Ramadhan, kita dapat berjumpa kembali dalam suasana halal bihalal yang penuh kebahagiaan, penuh keberkahan dan yang lebih penting dari itu adalah bahwa kita telah memperoleh kemenangan melawan hawa nafsu kita selama kita berpuasa Ramadhan.

Beliau juga menjelaskan Secara bahasa, halal bi halal adalah kata majemuk dalam bahasa Arab dan berarti halal dengan halal atau sama-sama halal. Dengan demikian dengan adanya acara halal bihalal diharapkan hubungan yang selama ini keruh dan kusut dapat segera diurai dan dijernihkan. Halal bi halal bermakna untuk merekontruksi relasi kemanusiaan yang lebih sejuk dan menentramkan. Suasana Halal Bi halal yang penuh dengan nuansa reigius, kekeluargaan dan keterbukaan membuat semua orang yang hadir tidak memiliki beban psikolgis tertentu. Pada saat itulah komunikasi sehat bisa terbangun dengan baik.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustad Abu Bakar Syarif dan diakhiri bersama-sama dengan bacaan hamdalah. Akhir acara Halal Bi halal dilakukan bersalam-salaman dimulai dengan Ketua Pengadilan Tinggi Padang beserta ibu dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang, kemudian diikuti oleh seluruh hadirin yang yang hadir khusunya keluarga besar Pengadilan Tinggi Padang. (Mus/IT PT)

Original text