Padang | Kamis 02 Mei 2019

Bertempat di Ruangan Sidang Lantai II Pengadilan Tinggi Padang, Ketua Pengadilan Tinggi Padang H. Husni Rizal, SH mengambil sumpah sebanyak 18 Advokat/Pengacara yang tergabung dalam wadah Persatuan Advokat Indonesia (PERADIN) pada wilayah Pengadilan Tinggi Padang..

Pada acara tersebut dihadiri oleh Dewan PERADIN Pusat, Para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang, Pengurus Apis Sumatera Barat dan beberapa tamu undangan lainnya.

Sidang terbuka tersebut bertindak Saksi yaitu H. Sutadi Widayato, Sh, M.Hum dan Osmar Simanjuntak, SH.MH yang keduanya merupakan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Padang, dimana dilakukan sesuai pasal 4 ayat 1 Undang-undang No.18 Tahun 2003 tentang advokat sebelum menjalankan profesinya wajib melakukan sumpah menurut agamanya dan berjanji dengan sungguh-sungguh disidang terbuka Pengadilan Tinggi diwilayah domisili hukumnya.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar, H.Husni Rizal, SH memberi penjelasan tentang Undang-undang No.18 tahun 2003 tentang mengenai kedudukan advokat sebagai bagian dari sistem peradilan terpadu dimana sistem peradilan terpadu antara penegak hukum (polisi, jaksa, advokat dan hakim) bersinergi tanpa mempengaruhi independensi masing-masing.

"Janji ataupun sumpah yang telah dilafalkan harus ditepati dipertanggungjawabkan terhadap tuhan, dan diri masing-masing. Harus selalu menjunjung tinggi profesinya. profesi advokat memiliki tanggung jawab, kode etik dan perilaku dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya serta memberikan jaminan mutu moral, kualitas profesi, dan juga nama baik bagi profesi maupun organisasi serta melindungi" jelasnya.(MUS/IT PT).

Original text