Pengadilan Tinggi Padang mengikuti Rapat Komite Keputusan Akreditasi (KEKA) dari Tim APM Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI, yang dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Bapak Dr.Drs.H.Panusunan Harahap, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang H.Muefri sebagai QMR, tiga orang Hakim Tinggi sebagai Assesor, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Padang.

Rapat keka dipimpin langsung oleh Dr. H. Prim Haryadi, S.H., M.H. (Dirjen BADILUM), Drs.H. Wahyudin, M.SI. (Sekjen BADILUM), dan Zahlisa Vitalita, S.H. (Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum) yang dilaksanakan secara Teleconference.

Rapat ini membahas hasil assesmen yang telah dilakukan di 15 Pengadilan Negeri di wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang yang dilaksanakan oleh Tim Assesor serta memberikan penilaian akreditasi bagi Pengadilan Negeri Kelas II dan Kelas IB. Bagi Pengadilan Negeri kelas IA dan IA Khusus kewenangan untuk memberikan penilaian ada di Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum namun Pengadilan Tinggi Padang mempunyai kewenangan untuk memberikan rekomendasi kepada Dirjend Badilum.

Namun pada Rapat ini berlangsung, yang baru dilaksanakan untuk penilaian hanya untuk tiga (3) Pengadilan Negeri yaitu Pengadilan Muaro, Pengadilan Negeri Sawahlunto dan Pengadilan Negeri Lubuk Basung, karena beberpa hal kegiatan yang banyak di Badilum untuk selanjutnya akan dilanjutkan sesuai pemberitahuan dari tim Akreditasi Badilum nantinya. (Mus/IT PT PDG)

Original text