Padang, Jum’at, 28 Agustus 2020

Bertempat di Ballroom Hotel Pangeran Beach Padang, Pengadilan Tinggi Padanh selenggarakan acara Bimbingan Teknis Elitigasi bagi seluruh Ketua, Panitera, Jurusita dan Admin IT Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Padang yang terdiri dari 16 Pengadilan Negeri, Yaitu Pengadilan Negeri Padang, Pengadilan Negeri Bukittinggi, Pengadilan Negeri Pariaman, Pengadilan Negeri Batusangkar, Pengadilan Negeri Padang Panjang, Pengadilan Negeri Solok, Pengadilan Negeri Koto Baru, Pengadilan Negeri Sawahlunto, Pengadilan Negeri Muaro, Pengadilan Negeri Lubuk Basung, Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping, Pengadilan Negeri Payakumbuh, Pengadilan Negeri Tanjung Pati, Pengadilan Negeri Painan, Pengadilan Negeri Pasaman Barat dan Pengadilan Negeri Pulau Punjung.

Acara tersebut dilaksanakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 26  s/d 28 Agustus 2020.

Bertindak sebagai Narasumber yaitu Achmad Basyari dan Dodon Angin Wiyono, keduanya berasal dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI dan DR. Drs. H. Panusunan Harahap, SH.MH yang merupakan Ketua Pengadilan Tinggi Padang.

Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 26 Agustus 2020 dibuka langsung oleh Direktur Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI DR.H.Prim Haryadi, SH.MH secara Virtual dari Mahkamah Agung RI.

Acara tersebut terdiri dari 7 sesi yaitunya pada Sesi pertama Pengantar SIPP Versi 4.0.0, Sesi kedua Pelaksanaan E-Court (e-Filling, e-Payment, e-Sommon dan e-Litigasi pada pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding, sesi Sesi ketiga Simulasi e-Court, Sesi Keempat Monitoring dan Implementasi SIPP, Sesi Kelima Permasalahan e-Court dan SIPP pada setiap Satker, Sesi Keenam Administrasi Pelaporan Keuangan Perkara dan Sesi Ketujuh yaitu mengenai Eksekusi Perdata.

Dalam sambutannya pada kesempatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Padang mengharapkan kepada seluruh pimpinan, Para Hakim dan aparatur pengadilan agar benar - benar dapat menyerap dan mengimplementasikan kegiatan tersebut pada lingkungannya dalam ragka memberi rasa puas bagi para pencari keadilan khususnya dalam layanan berbasis elektronik tersebut. Dimana E-litigasi merupakan bagian dari E-Court,  karena perkembangan teknologi informasi berjalan sangat cepat sehingga kita semua harus memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat karena pada hakekatnya berdasarkan Pasal 4 ayat (2 ) dan Pasal 5 Undang-Undang No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman, Badan Peradilan harus tanggap atas kebutuhan pencari keadilan, serta berusaha mengatasi segala hambatan dan rintangan untuk dapat mencapai pengadilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan.

Pada acara penutupan yang dilaksanakan pada Hari Jum’at tanggal 28 Agustus 2020, yang ditutup Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Padang H. Muefri, SH.MH, yang di akhiri dengan foto bersama. (IT PT Pdg)

Original text