Padang | Kamis, 28 Juni 2018

Bertempat di Ball Room Hotel Grand Zuri Padang, Bimbingan Teknis SIPP di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Barat sukses diadakan, yang dilaksanakan pada tanggal 26  sampai 28 Juni 2018. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI yang diikuti oleh peserta dari Pengadilan Tinggi Sumatera Barat dan Pengadilan Negeri se Sumatera Barat. Acara dibuka dengan resmi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Barat H. Husni Rizal, SH.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dengan diadakannya Bimbingan Teknis SIPP V 3.2.0 ini dapat menjadi penyemangat bagi insan peradilan untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengabdikan diri kepada Bangsa dan Negara.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) merupakan aplikasi penelusuran perkara berbasis web yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi menyangkut perkara di Pengadilan. SIPP menyajikan data untuk perkara yang sedang diproses, sedang ada upaya hukum seperti Banding, Kasasi atau Peninjauan Kembali (PK) maupun yang telah Berkekuatan Hukum Tetap.

Peserta Bimbingan Teknis SIPP ini dibagi menjadi 3 Kelas. Yaitu Kelas 1 untuk Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Negeri dan Hakim Pengawas Bidang. Kelas 2 untuk Panitera, Panitera Muda, Panitera Pengganti dan Juru Sita. Serta Kelas 3 Seluruh Admin IT Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri se Sumatera Barat.

Adapun Pemateri dalam Bimbingan Teknis SIPP Ariyo Bimmo, SH, LLM dan Sofyan Adi Irawan, S.Kom. Rangkaian materi yang berisi mulai dari kebijakan Pengadilan Tinggi Sumatera Barat dan Pengadilan Negeri se Sumatera Barat dalam pemanfaatan IT pada pelaksanaan tugas peradilan, pengenalan dan simulasi aplikasi SIPP versi 3.2.0 hingga perencanaan IT ke depannya. Materi disajikan secara menarik dan adanya diskusi yang komunikatif dari Pemateri dengan peserta menjadikan Bimbingan Teknis ini berlangsung dengan baik.

Pada Acara Penutupan acara Bimbingan Teknis tersebut dihadiri juga oleh Ketua Pengadilan Tinggi Mataram H. Amiryat, S.H., M.H., dalam kesempatan itu pada sambutannya mengapresiasi pelaksanaan dan beliau mengharapkan agar seluruh peserta dapat mengaplikasikan segala pengetahuan yang diperoleh pada Bimbingan Teknis ini di tempat tugasnya masing-masing di Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Sumatera Barat. (ISMET - IT PT)

Original text